KOMPAS.com - Liburan akhir tahun sudah lewat, dan
tahun baru sudah berjalan. Kini saatnya untuk kembali ke pekerjaan dan
aktivitas Anda sehari-hari dengan lebih produktif dan bersemangat.
Tetapkan komitmen bahwa tahun ini akan lebih baik daripada tahun
sebelumnya. Mari memulai!
1. Anda pasti bisa. Jangan
pernah menganggap diri tak mampu melakukan suatu pekerjaan, karena Anda
pasti bisa. Bagi banyak orang, tekanan justru bisa menjadi pendorong
untuk bisa lebih maju dan berkembang. Yang harus dilakukan adalah
mengontrol manajemen waktu Anda, mengatur tingkat stres, dan
menghilangkan hambatan dalam pekerjaan dengan cara Anda. Anda mampu
melakukan berbagai hal dengan baik, karena itu jangan langsung menyerah
sebelum mencoba. Percaya diri dengan kemampuan Anda, dan belajar untuk
menyelesaikan semua tugas tersebut dengan baik.
2. Tentukan target.
Untuk mencapai hasil pekerjaan yang maksimal, tentukan target yang
ingin Anda capai dalam bekerja. Namun, tentukan target yang terukur, dan
sesuai kemampuan, agar Anda mampu merealisasikannya. Hal ini termasuk
target waktu, berapa lama Anda dapat mencapai tujuan Anda. Adanya target
dalam pekerjaan membuat Anda akan sedikit memiliki tekanan, dan membuat
Anda lebih serius dan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.
3. Memotivasi diri. Seringkali
zona nyaman dalam pekerjaan membuat Anda terbuai dan tidak produktif
bekerja. Motivasi dan tantangan dalam bekerja merupakan pemicu penting
untuk meningkatkan produktivitas, sehingga Anda bisa fokus untuk
mencapai tujuan pribadi maupun profesional. Banyak hal kecil di sekitar
Anda yang sebenarnya bisa menginspirasi serta memotivasi Anda untuk
bekerja lebih baik lagi.
4. Jangan mencari alasan.
Setiap orang memiliki alasan mengapa mereka tidak bisa mencapai tujuan,
atau memenuhi target mereka masing-masing. Misalnya, Anda tidak bisa
berkonsentrasi menyelesaikan tugas karena banyak tukang yang sedang
merenovasi ruang rapat di kantor. Ini bukan alasan yang tepat untuk
mengendurkan pekerjaan. Anda harus berhenti mencari alasan untuk setiap
kegagalan yang Anda buat sendiri. Carilah solusi yang dapat Anda lakukan
agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik, karena Anda lah yang memegang
kontrol atas diri Anda dan pekerjaan Anda.
5. Hilangkan kata "tidak bisa" dari kamus Anda.
Kata-kata "tidak mampu" atau "tidak bisa" memiliki makna bahwa Anda
secara fisik tidak bisa melakukan apapun. Namun hal ini mungkin juga
menjadi kode bahwa "saya tidak mau melakukannya" atau "ini pekerjaan
yang terlalu melelahkan". Sebenarnya Anda harus menghilangkan kata-kata
tersebut dalam pikiran jika Anda ingin mencapai tujuan dan target Anda.
Kata-kata memiliki pengaruh yang besar bagi psikologis Anda. Ketika Anda
berkata mampu melakukan sesuatu, selalu ada solusi untuk membantu Anda
mengerjakan tugas-tugas.
6. Berusaha yang terbaik.
Untuk medapatkan yang terbaik dan produktif dalam bekerja, Anda harus
benar-benar berkomitmen untuk bekerja lebih keras, dan mencari tahu apa
yang bisa memotivasi Anda. Berkomitmenlah untuk bersikap proaktif,
berani ambil resiko, dan menghilangkan alasan-alasan. Jika Anda tidak
berkomitmen untuk membuat perubahan, maka segala sesuatunya akan selalu
tetap sama.
7. Lakukan sekarang. Jangan
terus-menerus mengulur waktu untuk memulai berbagai hal baik dalam
bekerja. Lakukan sekarang juga agar Anda semakin mudah untuk mendapatkan
tujuan, dan semakin produktif bekerja untuk meningkatkan karier.
0 komentar:
Posting Komentar