Ternyata ada manfaat yang kita lewatkan selama ini. Daging buah alpukat yang mulai berubah warna dan agak membusuk tetap dapat dimanfaatkan, yakni diolah menjadi minyak.

Inilah langkah-langkah sederhana pembuatan minyak alpukat.

Cuci bersih buah alpukat lalu belah menjadi dua bagian.
Ambil daging buah alpukat dan kumpulkan di wadah yang cukup besar.
Haluskan daging buah alpukat. Bisa dengan blender atau jika tidak memiliki alat tersebut, gunakan sendok. Pastikan tak ada bagian yang kasar agar daging buah dapat kering dengan sempurna.

Letakkan daging buah yang telah halus di atas loyang lalu tipiskan. Jika tak ada loyang, gunakan tampah/nampan yang dilapisi plastik. Jangan lupa menipiskan daging buah alpukat.


Jemur di bawah sinar matahari. Jangan sampai kehujanan ya!
Setelah beberapa hari, daging buah akan mengering dan siap dikumpulkan. Siapkan tempat dan kain tipis yang bisa menyaring cairan. Peras daging buah dengan cara meletakkan daging buah ke kain tersebut. Pemerasan sebisa mungkin dengan kedua tangan. Pegang kuat ujung kain lalu plintirlah dengan arah tangan yang saling berlawanan.

Tetes demi tetes minyak alpukat ini sebaiknya disimpan di botol kaca yang berwarna gelap dan diletakkan di tempat yang jauh dari matahari. Sahabat Ummi dapat memanfaatkan minyak ini untuk merawat bagian tubuh yang kering, pecah-pecah atau yang membutuhkan kelembaban. Jika berhasil mengumpulkan dalam jumlah banyak, minyak ini sangat baik sebagai bahan pencampur salad dan juga pengganti minyak goreng sawit.
Tak disangka ya...tak hanya biji-bijian saja yang menghasilkan minyak. Alpukat pun bisa. Mengapa demikian? Tak lain karena besarnya kandungan lemak nabati dalam alpukat. Lemak di buah ini termasuk lemak baik yang aman dikonsumsi.

Subhanallah..inilah sebentuk kekuasaan Allah Yang Maha Pemberi Rezeki bagi umatNya. Buah alpukat yang awalnya banyak tersedia di Amerika Selatan dan Tengah ini, adalah sumber lemak terbaik yang mereka miliki. Bahkan buah ini menjadi idola masyarakat suku Maya dan Aztek dalam melakukan perawatan kesehatan dan kecantikan tubuh.

Sumber : Majalah Ummy

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Oriflame Make Ur Life Better


KONTAK UMMY

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

PENGUNJUNG

Friend

Photobucket

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

searching

Google
Google Web

Popular Posts

UMMY BIZZ

Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket
Photobucket

Guest Box

FACEBOOK FANS BOX

Text Widget